KASUS TEKNIK SAMPLING

19 Aug 2020 imran Alwi 0 Materi Statistika

KASUS TEKNIK SAMPLING

Kasus
simple random sampling 

Misal dalam suatu perguruan tinggi ingin diketahui hubungan antara rata-rata penghasilan dosen dengan nilai kinerja dosen. Jumlah seluruh dosen adalah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Jika diketahui ragam dari nilai kinerja dosen pada tahun sebelumnya adalah 89, hitung jumlah sampel yang dibutuhkan untuk menduga μ dengan bound of error dari penduganya sebesar B=3.

dibulatkan menjadi 30.

Akan diambil 30 dosen dari 100 dosen secara acak dengan SRS menggunakan Excel. Caranya: buat kolom random. Ketik "=rand()". Kemudian blok seluruh unit sampling. Copy paste values pada kolom baru yang dinamakan random_paste. Kemudian custom sort by random_paste. Kemudian, diperoleh sampel terpilih sebanyak 30 sampel yaitu:

Setelah sampel diperoleh, maka petugas pencacah mendatangi responden terpilih untuk diwawancarai sesuai pertanyaan dalam kuesioner.

Kasus
systematic random sampling

Terdapat 30 petani tanaman padi dan akan diambil sampel sebanyak 10 dengan systematic random sampling. Hanya unsur pertama dari sampel yang dipilih secara acak sedangkan unsur-unsur selanjutnya dipilih secara sistematis menurut suatu pola tertentu. Pertama, tentuan interval = 30/10 = 3. Kemudian tentukan nomor secara acak dari 1 sampai 3. Misalnya diperoleh 2, berikutnya berarti (2+1*3),(2+2*3), (2+3*3), dan seterusnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kasus

Pertama membagi populasi menjadi beberapa kluster. Dalam kasus ini, populasi dibagi menjadi 10 kluster dengan syarat dalam kluster se-heterogen mungkin dan antarklaster se-homogen mungkin. Dari 10 kluster diambil 3 kluster secara acak. Seluruh unit sampling yang ada pada kluster terpilih dilakukan pencacahan.

Jumlah unit sampling setiap kluster

Gerombol (i)

Mi

(1)

(2)

Gerombol 1

8

Gerombol 2

12

Gerombol 3

12

Gerombol 4

8

Gerombol 5

8

Gerombol 6

9

Gerombol 7

9

Gerombol 8

8

Gerombol 9

12

Gerombol 10

14

Total

100

Petugas pencacah mendatangi wilayah gerombol 2,6, dan 8 kemudian mendata seluruh orang yang ada di ketiga kluster tersebut.

BY: imran Alwi

Artikel terkait

Belum ada komentar, Jadilah yang pertama mengomentari.